Kamis, 28 Februari 2013

Karoseri Unit Mobil Crane

Karoseri Unit Mobil Crane

Karoseri Unit Mobil Crane atau yang disebut juga dengan mobil tangga ini banyak digunakan untuk Unit Mobil Pemadam Kebakaran, Unit Mobil PLN dan lain-lain. untuk mempermudah pekerjaan penyelamatan maupun untuk mencapai ketinggian sehingga mempermudah dalam mengatasi keadaan yang sukar dijangkau

Karoseri Unit Mobil Crane





Karoseri Unit Mobil Crane ( Mobil Tangga)








Karoseri unit mobil crane ( mobil tangga )


Spesifikasi Teknik Aerial Platform – DHS 1200
Ukuran ( PxLxT) 3.653 x 1.610 x 2.078 ( mm)
Boom Type 1st : Putar / Rotate
2nd : Artikulat / Articulated
3rd & 4th : Teleskopik / Telescopic
Material 1st stage : Baja High-tensile segiempat
2ns stage : Baja High-tensile segienam
3rd & 4th stage : Aluminum segienam
Tinggi kerja maksimum 12.6 m ( 1 ton payload)
Lebar kerja maximum 8.4 m
Alat penggerak Silinder Hidrolis
Derajat putar/ waktu putar -180° ~ + 180° / 30 detik
Pengendalian Remote Kontrol
Tenaga penggerak ( PTO)

Outriggers Type Naik turun, keluar masuk dengan sensor horisontal
Bentangan 3.2m

Platform Jenis Baja kapasitas 1 / 2 orang
Putaran 180° / Kemudi putar manual
Leveling Otomatis dengan sistem hidrolis
Beban 250 kg maks
Oli hidrolis/
kapasitas standar ISO VG # 46 / 35 liter
Alat pengaman Relieve valve, Counter Balance Valve, Propotional contol Valve, pilot check valve, vehichle overtuning preventor, Column swing fixing device, overload check sensor

PENJELASAN PRODUK

DHS 1200 dirancang untuk dipasangkan pada chasis truk kecil tonase 1 sampai dengan 5 ton. Badan crane di pasangkan pada chasis truk dengan baut khusus. Bagian crane yang bergerak lainnya bertumpu pada badan crane.

Sumber tenaga untuk menggerakkan crane didapatkan melalui putaran mesin kendaraan yang menghubungkan PTO dengan pompa hidrolik. Sistem hidrolik menggunakan oli dengan standard ISO VG# 46 dengan kapasitas tangki oli hidrolik sebesar 35liter.

DHS 1200 memiliki 4 buah boom. Boom pertama dapat digerakan memutar ke kiri 180 derajat dan ke kanan 180 derajat dalam waktu 30 detik. Boom ini dibuat dari baja khusus kekuatan tinggi berpenampang segi empat. Boom ini digerakan dengan mekanisme silinder hidrolis. Boom kedua dengan gerakan artikulasi naik turun dibuat dari baja khusus dengan penampang segi enam. Boom ketiga dan boom keempat terbuat dari bahan alumunium kekuatan tinggi dengan penampang segi enam.

Pada ujung boom keempat terdapat platform kerja berkapasitas 2 ( dua) orang dengan mekanisme hidrolis menjaga platform tetap horizontal secara otomatis. Platform kerja dapat digerakan secara manual ke kiri 90 derajat dan ke kanan 90 derajat. Platform kerja dapat di miringkan jika perlu dengan menggunakan remote kontrol yang tersedia.

Crane dikendalikan dengan remote kontrol yang disambungkan ke kotak kontrol yang berada di badan crane atau kotak kontrol pada platform kerja. Sehingga operator dapat memilih sistem kerja yang paling efisien. Jangkauan kerja vertikal maksimal adalah 12.6 meter dan jangkauan kerja horisontal maksimum adalah 8.4 meter.

Untuk menstabilkan kendaraan saat crane digunakan DHS1200 dilengkapi dengan 2 buah outrigger depan yang digantung pada chasis dengan lengan yang yang dapat dibentangkan sejauh 3.2meter dan kaki dengan gerakan naik turun. Outrigger belakang model lipat sistim manual.

Demi keselamatan kerja unit mobil crane ini dilengkapi dengan katup proporsional membuat unit dapat bekerja dengan mulus tidak tersendat-sendat. Katup pengecekan utama yang berfungsi untuk mencegah lengan crane turun tidak secara tiba-tiba. Sensor pengamanan yang menjaga keseimbangan saat pengoperasian alat. Jika unit tidak seimbang maka crane berhenti secara otomatis. Sensor pengamanan kemiringan platform yang secara otomatis menghentikan operasional unit apabila kedudukan platform kerja tidak horisontal. Sensor kelebihan beban yang otomatis berbunyi apabila platform kelebihan beban. Kunci pengamanan pada boom utama apabila unit tidak dipakai.

1 komentar:

Bisa tau harga per unitnya gan?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites